Berita Utama

Pembangunan Drainase Jalan

Dilihat : 10113 Kali, Updated: Selasa, 30 Juni 2015
Pembangunan Drainase Jalan

   Selasa(30/6),Desa Karangmangu yang terletak di bawah kaki Gunung Slamet saat ini sedang melakukan proses pembangunan drainase yang berada di sepanjang jalan Raya Baturraden, hal ini sengaja dilakukkan supaya genangan air pada saat musim hujan tidak mengganggu pengguna jalan. Karena jalan Raya Baturraden adalah jalan wisata yang banyak dilalui pengendara, selain itu untuk mengantisipasi keamanan para pengguna jalan. Sebab saat ini sudah memasuki "Mudik Lebaran" oleh karena itu Baturraden yang notabene sebagai tempat wisata yang ada di Purwokerto sudah pasti menjadi incaran banyak wisatawan.

   Pengertian Drainase sendiri adalah : Drainase atau pengatusan adalah pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan atau bawah permukaan dari suatu tempat. Pembuangan ini dapat dilakukan dengan mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air[1]. Irigasi dan drainase merupakan bagian penting dalam penataan sistem penyediaan air di bidang pertanian maupun tata ruang. Saluran drainase sering kali dirujuk sebagai drainase saja karena secara teknis hampir semua drainase terkait dengan pembuatan saluran. Saluran drainase permukaan biasanya berupa parit , sementara untuk bawah tanah disebut gorong-gorong di bawah tanah.

   Drainase sendiri sangat penting manfaatnya:

1. Pembangunan saluran Drainase digunakan untuk mengalirkan resapan air hujan dalam lingkungan warga menuju ke badan sungai yang terdekat

2. lingkungan lebih rapi dan tidak becek dan banjir lagi, banyak juga yang merasakan manfaatnya pembangunan drainase ini 

3. Untuk memperbaiki tata ruang desa

   Semoga dengan adanya pembangunan drainase ini bisa bermanfaat bagi warga Karangmangu khususnya dan warga sekitar pada umumnya.

 

Komentar